Out of Home Advertising

Out of Home Advertising (OOH Advertising) atau biasa disebut dengan Outdoor Advertising adalah salah satu media advertising yang paling efisien. OOH Advertising khususnya billboard, merupakan kanal komunikasi alternatif untuk mengkampanyekan brand maupun produk mereka. Laporan Nielsen Consumer & Media View pada Q3 2017 menunjukkan bahwa penetrasi orang yang melihat billboard atau media luar ruang (Out of Home) di Indonesia menempati peringkat kedua, yakni mencapai 52% dari total penduduk. Sementara posisi pertama, masih ditempati oleh mereka yang menonton TV, di mana penetrasinya mencapai 96% dari total penduduk. Selanjutnya, diikuti oleh penetrasi orang yang menggunakan internet yang mencapai 43%, mendengarkan radio 37%, membaca media cetak 8%, menonton TV berbayar 8%, dan menonton bioskop 5%.

OOH Advertising memiliki banyak manfaat, diantaranya :

1. Memiliki Dampak Yang Lama

Umumnya media periklanan lainnya terikat dengan sesuatu, misalnya periklanan melalui media televisi yang terikat dengan televisi.

Jika televisi dimatikan, maka periklanan terlewatkan. Berbeda dengan Outdoor Advertising yang tidak terikat dan tidak bisa dimatikan seperti televisi dan radio.

Orang-orang tidak memiliki kontrol apakah mereka mau melihat atau tidak. Sehingga, kampanye yang Anda lakukan menggunakan Outdoor Advertising akan berdampak untuk jangka waktu yang lebih lama.

2. Biaya Yang Efektif

Outdoor Advertising terbukti memberikan pengembalian Investasi yang tinggi di semua kategori.

Hasilnya, semakin tinggi anggaran yang dikeluarkan untuk Outdoor Advertising, maka semakin besar pula nilai pengembalian Investasi nya (ROI).

3. Menarik Perhatian

Outdoor mampu berdiri sendiri sehingga tidak perlu bersaing dengan iklan lain seperti pada media lainnya.

Dikarenakan Outdoor Advertising dibuat dalam ukuran besar, menjadikannya sangat terlihat jelas pada jarak dekat dan jarak yang tepat.

Mereka cenderung juga menjadi kreatif dan ekspresif yang cenderung memperoleh lebih banyak perhatian di kalangan konsumen.

4. Memiliki Jangkauan Besar dan Audience yang Luas

Outdoor Advertising merupakan platform pemasaran yang hebat untuk merek atau bisnis yang berusaha untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas.

Jangkauan Outdoor Advertising untuk konsumsi publik dan memiliki akses kepada konsumen yang terkadang berada di lokasi atau dalam kondisi yang sulit untuk dijangkau.

5. Membantu Closing

Menurut APN, 70% dari pembelian terjadi di luar tempat belanja dan ritel pusat utama. Lokasi merupakan poin penting tatkala berbicara masalah Outdoor Advertising.

Hal ini dikarenakan pengaruh dari semua tahap proses menuju pembelian dimulai dari traffic ke visibilitas iklan.

Penelitian yang dikumpulkan oleh Outdoor Media Centre (OMC) asal Inggris menunjukkan kalau Outdoor Advertising tergolong media periklanan yang paling terlihat oleh pembeli di ‘hal yang berpengaruh’ sebelum berbelanja.

6. Media yang Menarik

Tidak seperti kebanyakan media, Outdoor Advertising terbukti lebih disukai oleh konsumen.

Hasil penelitian dari APN Outdoor didapatkan kalau 71% warga Australia lebih memilih bus dengan iklan daripada mereka yang tidak dan 36% menyatakan kalau Outdoor Advertising sebagai distraksi yang disukai.

7. Outdoor Advertising Bagian dari Marketing Mix

Outdoor Advertising telah terbukti membantu media advertising lainnya. Dampak dan jangkauan Outdoor Advertising lebih baik dan dapat mengingatkan konsumen pada pesan dari media lain.

Selain itu, Outdoor Advertising dapat menawarkan pendekatan yang segar dan kreatif kepada merek dan perusahaan untuk menjangkau konsumen.

 

Branding Indoor & Outdoor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *