Digital Printing

Hadirnya teknologi terbaru dalam dunia percetakan ini pastinya akan membawa dampak positif pada berbagai tugas percetakan. Dimana usaha jasa percetakan kini bisa melakukan teknik percetakan secara profesional dengan menggunakan printer laser atau dengan inkjet. Pastinya hasil yang diperoleh akan lebih cepat, hemat waktu dan lebih terjangkau. Tak heran jika kini hampir semua percetakan sudah mulai menggunakan digital printing untuk menyelesaikan pesanan dari para konsumen.

Digital Printing adalah sebuah Metode Percetakan dari Gambar berbasis Digital, yang biasanya berupa File, kemudian bisa langsung dicetak di berbagai Media dengan cara yang Instan dan Cepat. Digital Printing merupakan Hasil Inovasi Perkembangan dari Metode Percetakan yang konvensional, yang muncul seiring dengan Kemajuan Teknologi Dunia yang sudah masuk di Era Digital.

Umumnya Digital Printing memiliki biaya produksi yang lebih tinggi untuk per satuan nya dibanding Metode Cetak yang lebih konvensional seperti Percetakan Offset, Sablon / Screen Printing. Akan tetapi, Tehnik Digital Printing ini memiliki Kelebihan yang tidak dimiliki oleh Metode Percetakan Offset maupun Sablon, yaitu tidak memerlukan Proses Pra Cetak seperti Pembuatan Film, Plat Cetak (Offset) , Afdruk Screen (Sablon). Karena Proses yang dilalui Digital Printing lebih Ringkas, membuat Digital Printing menjadi lebih banyak digunakan untuk Pengerjaan Cetak Jumlah Skala Kecil, mencetak dengan Waktu yang sangat Cepat dan Instan.

Sebetulnya digital printing sudah berkembang sejak tahun 1990an yang menjadikan mesin digital printing kian berkembang hingga saat ini. Perkembangan zaman juga menjadikan digital printing bisa digunakan untuk mencetak media dari bahan semi plastik untuk luar ruangan seperti baner, baliho, spanduk dan lain sebagainya. Perkembangan dunia digital printing ini memberikan banyak keuntungan bagi para pemilik usaha karena media promosi bisa dibuat semenarik mungkin dengan biaya yang lebih murah

Kelebihan Digital Printing :

  1. Waktu Produksi Jauh Lebih Cepat
  2. Bisa Mencetak / Print jumlah sesuai keinginan ( Print On Demand ), tanpa harus ada Minimal Order, bahkan untuk mencetak dalam satuan.
  3. Proses Produksi Mencetak lebih Ringkas, dan Hasil Cetak / Print bisa langsung kelihatan.
  4. Tenaga Kerja yang lebih sedikit karena Proses Produksi yang lebih sedikit.
  5. Proses Kerja yang tidak Rumit, sehingga mudah dilakukan meski oleh Pemula dalam Bisnis Digital Printing.

Kekurangan Bisnis Digital Printing :

  1. Dalam Hitungan Satuan Cost Produksi lebih tinggi dibanding Percetakan Offset / Sablon.
  2. Alur Kerja yang cukup Mudah, Ringkas dan Sederhana membuat banyak Pelaku Usaha yang melirik Bisnis Digital Printing ini sehingga memunculkan Persaingan yang cukup tinggi di Bidang ini.

Digital Printing sangat tepat untuk melayani Kebutuhan Percetakan yang semakin Variatif, Kebutuhan Percetakan yang Cepat dan Jumlah yang sesuai Keinginan. Digital Printing memiliki Kekuatan dan Pangsa Pasar tersendiri dalam Dunia Percetakan / Printing sehingga menjadi suatu Lini Bisnis Baru yang sangat disukai oleh Kebutuhan Dunia saat ini.

Dan menurut Wikipedia, Digital Printing itu adalah Percetakan

Percetakan adalah sebuah proses industri untuk memproduksi secara massal tulisan dan gambar, terutama dengan tinta di atas kertas menggunakan sebuah mesin cetak. Dia merupakan sebuah bagian penting dalam penerbitan dan percetakan transaksi.

Percetakan mempunyai catatan sejarahnya sendiri. Sejarah menuliskan informasi tanggal dari gambar dinding gua yang berumur lebih dari 30.000 tahun. Pada tahun 2500 B.C., orang Mesir mengukir hieroglyphics pada batu. Akan tetapi, percetakan yang kita ketahui sekarang tidak ditemukan hingga lebih dari sekitar 500 tahun yang lalu.

Biasanya digital printing digunakan sebagai media promosi seperti spanduk, banner, flyer dan sebagainya.
Apalagi dengan persaingan bisnis sekarang, banyak perusahaan atau tempat usaha ingin product-nya dikenal. Digital Printing inilah yang di gunakan untuk semua media promosi di perusahaan kecil sampai perusahaan besar .

 

Digital Printing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *