Apa itu Branding ?

Menurut Kotler (2009), branding merupakan nama, istilah, tanda, simbol, rancangan atau kombinasi dari semuanya yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa atau kelompok penjual dengan untuk membedakannya dari barang atau jasa pesaing.

Unsur-Unsur Branding

  • Nama merek
  • Logo, meliputi tipe logo, monogram, bendera, dan seterusnya.
  • Tampilan visual, seperti desain produk, desain kemasan, desain seragam, dan lain-lain.
  • Juru bicara, seperti co-founder, maskot, tokoh perusahaan
  • Suara, seperti ikon bunyi, nada, lagu
  • Kata-kata, meliputi slogan, taglinejingle, dan lain-lain.

Unsur-unsur yang mempengaruhi kekuatan sebuah merek adalah, dari apa yang anda lihat (tangible), dan dari apa yang anda dengar dan yang anda rasakan (intangible). Kedua unsur tersebut merupakan syarat utama untuk membangun kekuatan sebuah merek didalam kompetisi pasar. Lalu, elemen apa saja yang terdapat di kedua unsur tersebut ? Elemen-elemen yang terdapat didalam kedua unsur tersebut adalah sebagai berikut :

  • Tangible : Produk, packaging/kemasan, identitas visual, dsb.
  • Intangible : Kualitas produk dan jasa.

Brand yang efektif akan menggambarkan siapa perusahaan/Anda, apa yang perusahaan/Anda buat dan bagaimana membuatnya, sementara pada saat yang bersamaan juga menetapkan relevansi dan kredibilitas perusahaan/Anda dihadapan prospek klien atau konsumen. Brand lebih dari sekedar tampilan logo yang menarik secara visual.

Home

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *